Apa Itu Desain Grafis? Apa Manfaatnya Menguasainya Dan Bagaimana Penerapannya?

No Comments
apa itu desain grafis
( Source Image : Pixabay.com )
Desain grafis adalah rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.
Jika dahulu desain grafis hanya pada media statis seperti buku, majalah maupun koran. Di era teknologi serba maju sekarang ini desain grafis sudah bisa diaplikasikan untuk elektronik maupun media digital. Jadi bisa dibilang cakupannya sangatlah luas untuk saat ini.
Adapun ketrampilan desain grafis Menurut www.wikipedia.com terbagi menjadi :
  • Seni Visual
    Hal ini mencakup Digital Imaging dan Fotografi
  • Typografi
    Yaitu menyusun huruf maupun memodifikasinya dengan  melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).
  • Tata Letak
    Ketrampilan ini mencakup bagaimana mengatur letak teks ataupun gambar sehingga enak dilihat dan dibaca
  • Desain Interaksi
    Seiring kemajuan teknologi, ketrampilan ini berperan bagi seorang desainer grafis untuk bisa merancang dan membuat desain dari tampilan sebuah perangkat lunak dan tampilan web
Untuk belajar desain grafis, kalian memerlukan beberapa hal yang wajib kalian miliki untuk penerapannya nanti antara lain :

  1. Perangkat Keras ( Hardware )
    Perangkat disini bisa bermacam-macam, kalian bisa menggunakan komputer, laptop, netbook maupun hp sekalipun. 
  2. Perangkat Lunak
    Yang dimaksud perangkat lunak disini adalah aplikasi yang digunakan untuk keperluan desain grafis nantinya seperti corel draw, photoshop, dreamweaver dll
  3. IDE
    Hal ketiga ini juga sangatlah penting, karena jika ada alat namun tanpa ide desain grafis seperti sayur tanpa garam dan terkesan biasa-biasa saja hasilnya nanti. Jadi disini seorang desainer grafis dituntut untuk selalu mengembangkan ide-ide yang ada untuk membuat desain yang menarik maupun menjual
Adapun manfaat desain grafis sangatlah luas, kalian nantinya bisa bekerja di perusahaan maupun menjadi freelancer desain grafis. Untuk peluang yang nantinya bisa kalian ambil bagian, akan saya share di artikel lainnya nanti ya?
Saya harap di artikel awal perkenalan ini kalian sudah sedikit paham gambaran luasnya, di artikel selanjutnya akan saya share tutorial dari beberapa aplikasi pendukungnya. Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Apa Itu Desain Grafis? Apa Manfaatnya Menguasainya Dan Bagaimana Penerapannya?  Semoga bermanfaat untuk kalian yang tengah mencari artikel referensi ini.
comments

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.