Cara Kompress Atau Mengecilkan Ukuran Foto Di Photoshop Secara Maximum Tidak Pecah!

No Comments
( Sumber Gambar : Pixabay )
Selamat malam sahabat Tutorial Masta, di artikel kali ini saya ingin berbagi sebuah tips dan trik yang tentunya sangat berguna untuk kalian yang kebingungan mau kompress atau mengecilkan ukuran foto format png atau jpg secara maximum di photoshop agar tidak pecah.
Tutorial Photoshop ini nantinya akan kalian butuhkan ketika ingin submit foto ke website untuk keperluan :

  1. Mendaftar Kuliah Online
  2. Melamar Pekerjaan Online
  3. Mendaftar CPNS Online
  4. Dll
Dimana kalian diharuskan untuk mengunggah gambar atau foto dibawah ukuran tertentu, misal 200kb kebawah ( Rata-rata ukuran file yang diperbolehkan diunggah ke sebuah web ). Jika ukuran asli foto antara 500kb - 1MB tentunya kalian bisa menggunakan situs compress jpeg maupun png secara online.
Jika ukurannya diatas ukuran tersebut terus bagaimana? Tenang saja, kalian masuk ke artikel yang akan mengatasi masalah kalian yang belum bisa kompress atau mengecilkan ukuran di photoshop secara maximum tanpa perlu takut pecah. hehehehe....
Berikut adalah step by step cara kompress ukuran file jpeg atau png di photoshop secara maximal tanpa takut pecah :
  • Silahkan buka gambar yang ingin kalian kompres atau perkecil ukurannya di Photoshop
  • Jika sudah, kalian klik " File " -> " Export "
  • Kemudian di sub menunya kalian pilih " Save For Web ( Legacy ) " atau kalian bisa lebih mudah dengan shortcut keyboar " ALT + SHIFT + CTRL + S "
  • Maka akan muncul jendela pop up, perhatikan yang saya lingkari merah
  • Dalam contoh kali ini image size nya adalah " 5760 px x 3840 px "
  • Kalian kurangi angkanya yang atas saja. Misal " 1500 px x 1000 px", nanti angka bawahnya mengikuti karena akan sesuai resolusi asli resizenya jadi tidak akan menyempit gambarnya
  • Jika sudah, klik " Preview ", nanti di pojok kiri bawah yang saya lingkari tersebut akan nampak ukuran file nantinya.
  • Apabila dirasa sudah cukup, silahkan klik " Save "
  • Selesai
Sebagai perbandingan, berikut adalah ukuran asli gambar format " JPG " sebelum di kompress yaitu sebesar kurang lebih " 8MB "
Setelah di kompress menggunakan Photoshop, hanya menjadi " 95.2Kb " saja.
Bagaimana? Cukup mudah bukan Cara Kompress Atau Mengecilkan Ukuran Foto Di Photoshop Secara Maximum Tidak Pecah! Semoga bermanfaat untuk kalian yang tengah mencari tutorial photoshop ini ya? Lain kali akan saya share bagaimana cara kompress file format pdf baik offline maupun online, jadi sabar ya?
Oh iya, jangan lupa baca juga artikel terkait seputar desain grafis dibawah ini ya?
 Apabila masih ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat, akan sangat senang rasanya saya jika kalian mau subscribe dan share artikel di blog ini. he he.....
comments

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.